Minggu, 25 Maret 2012

GOSH, KICKERS, dan BBM

gue anak bogor yang biasa dimanjakan dengan transportasi umum yang sangaaaaat banyak. angkot ijo ijo banyaaak, bis trans pakuan bagus, bis omprengan banyaaaaak, bis ac gak jelas banyaaaak.. pokoknya klo lo hidup di bogor gak bisa bawa mobil/motor itu gak masalah. org yang gak punya duit buat beli mobil/motor juga bisa hidup dengan normal, bisa gaul, bisa pinter. klo di jogjaaaaa..

jengjeng.. di jogja gak ada angkot. adanya bis omprengan, mobil omprengan, sm bis transjogja. yg omprengan2 itu keadaannya sangat menghawatirkan. banyak copet, bauk solar, kotor, dan cuma beroperasi sampe jam 4 sore. klo bis transjogja bagus, enak, wangi, tapi shelternya jauuuuuh bgt. ah, klo mau protes dan ngeluh tentang transport di jogja emang gak bakalan habisnya. jujur aja nih ya bahkan gue gak seneng bgt sm tukang becak yg suka maksa2 gue buat naik becaknya. klo disuruh naik haji sih mau deh.

gue sebagai orang bogor jelas aja shock dgn keadaan jogja yg kyk gini. dan terlebih lagi gue harus menetap di kota yg susah kemana2 ini selama kurang lebih 4 taun. gue bakal lebih susah lagi karena gak bisa bawa motor dan sepeda.

yah tapi itulah kehidupan. harus dihadapi. strategi survival gue adalah cari kosan di deket kampus. so far so good ah. ke kampus jalan kaki sangat menyenangkan. bisa liat2 jalan, bisa bantu nenek2 nyebrang, bisangecengin polisi ganteng, bisa bantuin orang nyari jalan. kemana2 naik bis ompreng jg gak begitu menyiksa. kesimpulan gue adalah gue udh bisa beradaptasi dengan jogja dan sarana transportasinya dengan keadaan gue yg sama sekali gak bisa bawa kendaraan.

hmmm banyak sih yg ngeledekin karena gue selalu jalan kemana2 kyk org badui. tp yg bikin gue sakit ati adalah saat gue nyebrang dengan cantiknya di zebra cross masih aja sering diserempet sm motor yg gak tau diri ngebut2 gak karuan. mungkin mereka pikir mereka berhak kyk gtu karena mereka punya motor sedangkan gue cm punya kaki. sombong bgt!

karena terlalu sering ngedenger anaknya diserempet motor akhirnya bonyok gue gak tega dan secara paksa ngirimin motor matic ke jogja dengan harapan gue mau belajar motor dan gak nyiksa diri lagi dengan jalan 3km. yapp, akhirnya gue bisa bawa motor. so easy maaaan.. cuma ngegas doangan. ahahahha..

bokap gue bilang isi bensinnya harus pake pertamax. sempet bingung jg sih knp harus beli yg mahal klo ada yg murah. tp setelah baca2 dan baca di spanduk 'premium hanya utk golongan tdk mampu' jd ngerasa bener deh pk pertamax. gue sih gak ngerti ya apa ngaruhnya sm mesin motor. tp ini ngaruh bgt sm pola konsumsi gue. gue secara sadar bilang klo keluarga gue emg bukan golongan tdk mampu. walaupun gue tiap hari jalan kaki tp tas gue 'gosh' sepatu gue 'kickers'. tp ya itu semua kan yg beliin bonyok. klo gue sbagai mahasiswa ya duit bulanannya segitu2 aja, sama kyk yg lain. bahkan buat begaul aaja gue harus cari duit sendiri (gak disuruh bonyok sih, tp emg udh malu aja klo minta2 terus. daaaaaan klo duit bulanan itu terus2an gue pake buat beli pertamax, abis dong duit gue. akhirnya gue memutuskan untuk tetep jalan kaki ke kampus dan kemanapun yang masih tergolong deket. see, pk pertamax bisa bikin kita lebih hemat, gak dikit2 pk motor karena ngerasa bensinnya murah. suku badui keren abiiiis..

aduh, klo ngomongin politik gue termasuk golongan yg bego deh. gue ngeras semua pemimpin itu megang amanah yg pastinya bakal dipertanggungjawabkan di hadapan Allah kelak. klo mau dipikir2 ya rasanya miris liat banyak pemimpin yg tega korupsi2 ngambil duit rakyat banyak banget. tp trus harus digimanain lg? gue lahir taun 92, saat gue mulai ngerti tentang kehidupan gue liat di TV mahasiswa2 ngegulingin presiden yg katanya biang korupsi (itu yg gue inget sm sekarang, entah bener entah enggak). yg gue pikirin waktu itu dengan otak anak umur 6 taun adalah 'kok mahasiswa tega ya nggulingin presiden? kok mereka berani ya? kok mahasiswa hebat ya?'. waktu itu gue kagum bgt sm yg namanya mahasiswa, secara waktu itu status gue adalah 'siswa' SD, gue gak kebayang kekuatan apa yg bisa bikin kata 'maha' yg biasa di pake di 'maha esa, maha pengasih, dan maha penyayang' itu bisa sampe di depan kata 'siswa'. saat itu gue mikir gue harus jd mahasiswa suatu hari nanti. tadaaaaaa 11 tahun kemudian pun gue jd mahasiswa..

beberapa tahun kemudian ada berita kenaikan BBM. klo ditanya ya gue termasuk yg pro dong. menurut ilmu gue yg pastinya menurut para aktivis kampus ini masih cetek tentang hal2 beginian, harga BBM naik itu sangat bagus. paling gak itu bisa bikin anak2 jogja jd gak males jalan kaki dan ngepit. sumpah ya gue kesel banget liat temen2 gue yg cm 100 meter aja naik motor. mereka yg pelit itu pasti bakal lebih bijak menggunakan bensinnya ahahahahha akhirnya ada temen jalan kaki. trus klo menurut gue ya kenaikan harga BBM bisa bikin jumlah motor di indo berkurang karena org2 pasti mikir dong klo punya motor bisa gak ya ngasih makannya ahahahaha kalo gak punya duit udahalah terima aja naik kendaraan umum, gak dosa kok ahahahahaha akhirnya punya temen naik omprengan. BBM gak papa naik asaaaaaaaal klo ada duit2 lebih dari ketidakdisubsidilaginya BBM itu jgn dikorupsi. mbok disimpen yg baik supaya rakyat ini lebih sejahtera. kasian dong sm org2 miskin..

klo ngomongin soal demo... hmmm.. gmn yaaa... ya terserah aja deh. klo gue sih demo masak aja kali yaaa.. demo itu klo menurut gue lebih banyak mudhorotnya drpd manfaatya hehe.. bikin macet, bikin polusi suara, bikin kesel org2. demo kita tuh gak bakal didenger ya asal lo tau. mendingan bikin janji deh sm org atau kelompok org yg punya hajat. misal nih kyk gue, datengin rumah pak SBY pk muka melas trus bilang ke srikiti 'pak tolong pak saya mau nanya ke pak SBY knp harga BBM harus naik'. pasti pak SBY terenyuh deh trus ngedengerin curhatan kita yg gak bisa beli gorengan lg pk uang gopean. klo punya hati sih harusnya terenyuh ya. kita juga, klo punya otak sih harusnya bisa mikir ya knp harga BBM haru naik ahahahahaha

intinya nih ya, kita harus liat sesuatu dari beberapa sisi. gak usah melulu skeptis. kenaikan BBM bisa bikin kita makin hemat dan sehat. kenaikan BBM juga bisa bikin pahala kita makin banyak klo emg uangnya dikorupsi sm pejabat karena kita sudah didzolimi. gue bukannya gak urusan sm hal2 kyk gini. sumpah gue cinta bgt sm indonesia. pengen banget bikin indonesia jd negara yg bersih, makmur, dll yg baik2 tp selama di sebuah negara masih ada manusianya pasti deh bakal banyak masalah, karena mausia punya napsu. atau kita genosida aja nih org2 yg kita anggap jahat? janganlaaah..

hmmmm anyway gue gak ada maksud jelek2in siapa2  atau kelompok apapun ya. utk aktivis yg mau terus aksi, mangga. klo gue mah bisanya cm nyemangatin org2 buat gak nyusahin orangtua. gue cm bisa jualan apapun yg bisa gue bikin supaya gak begitu tergantung sm beasiswa dr pemerintah yg katanya busuk atau dari pabrik rokok yg katanya promosi mau meracuni. bukannya mau pinter trus gak mau bagi2 ilmu dan memperbanyak amal jariah, tp berdiri di kaki sendiri itu lebih baik drpd nyinyir berjamaah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...