Rabu, 16 Mei 2012

NGAGANDENGAN TATANGGA

Tadi pas gue lagi asik-asik beresin kamar tiba-tiba ada tikus kecil yg mau masuk ke kamar terus gue usir deh.

Gue paling gak seneng kalo ada orang yg sukanya men-stereotype kan orang berdasarkan suku bangsanya. Contohnya ada orang yang bilang kalo orang jawa itu letoy dan demen ngomongin orang di belakang terus ada juga yg bilang orang sulawesi sukanya mamerin harta atau kalo jaman sekarang gadget nya. Emang sih tiap-tiap suku bahkan masing-masing individu punya ciri khas tersendiri yg akhirnya bisa jadi identifier mereka. Tapi yaudah sih gak usah diungkit-ungkit juga apalagi sampe bikin perpecahan gitu. Gue curiga jangan-jangan orang sunda sama jawa gak bisa akur gara-gara di pikiran masing-masing suku tersebut ada stereotype bahwa suku lain itu jelek dan jahat. Welehweleh..

Gue mah kalo ditanyain "kamu orang mana?" jawabannya "orang indonesia doong". Kalo mau ngajak ngomong bahasa jawa bisa, bahasa sunda bisa, bahasa ngapak bisa, bahasa minang bisa, bahasa apa aja insyaAllah bisa deh. Soalnya gue selalu diajarin sama nyokap buat ngehargain orang lain. Makasih ya mak karena gak pernah ngedoktrin aku, jadinya sekarang aku bisa mikir. Huhu.. Love you mak..

Ceritanya kemaren gue dapet lagu sunda yg judulnya aing mah teu nyaho. Itu lagu pelesetan dari lagunya Cleopatra Stratan yg judulnya Zunea Zunea. Tau gak? Itu lho penyanyi cilik dari Rumania yg di video klipnya bawa-bawa koper warna merah. Di on the spot sering jugaaa diputer..

Lagu aing mah teu nyaho itu lucu banget deh. Ceritanya tentang anak kecil yang nakal. Kalo menurut gue pribadi lagu itu bikin nostalgia. Jadi ada di lagunya lirik kayak gini "...tempat barudak keur ulin jeung ngagandengan tatangga" itu bukan mau menggambarkan rumah BTN yg gandeng-gandengan sama tetangga. Itu artinya adalah "...tempat anak-anak main dan ngeberisikin tetangga". Tau kan maksud ngeberisikin.

Berhubung gue adalah orang yg terjebak di masa lalu. Alhamdulillah bukan masa lalu bersama mantan pacar, tapi masa lalu saat gue masih sering nongkrong di abang ager milih-milih bepe yg gaul. Anak tahun 90an pasti tau deh. Gue inget di depan rumah gue itu ada rumah, rumah tetangga gue, yaiyalah, anggaplah namanya pak P, si pak P itu punya anak tiga, yg cewek namanya N sama T, yg cowok namanya D. Mereka ya kira-kira 4 taun lebih tua dari gue. Dari awal gue pindah rumah ke depan rumah mereka, rumah mereka itu udah jadi bascamp anak-anak kampung gue, mulai dari main karet, main ucing-ucingan, sampe latian nari buat 17an pasti di teras mereka. Dan itu berisiiik banget. Gue dulu kesel banget kalo lagi THB (duileeeh tua bgt bahasanya THB) dan anak-anak itu masih main dengan berisiknya di depan rumah. Soalnya gue terganggu banget karena gak boleh ikut main sama emak ahahhaa.. Jaman gue SMP SMA teras rumah mereka juga masih rame dan gaul tapi udah gak ada yg latian nari 17an tapi jadi tempat anak-anak ababil ngerujak, pedekate, sama geber-geberin motor bebek. Nah sekarang jaman gue kuliah, si N sama T udah pada kerja, itu tempat masih aja gaul dan berisik karena jadi semacam tempat penitipan anak ahahaha..

Menurut gue itu fenomena banget lhoo. Gue gak menemukan fenomena semacam itu baik di jogja, di jambi, maupun di tempat-tempat lain yg udah pernah gue kunjungi. Kalo gak percaya download aja lagunya di Cleopatra Sunda yg judulnya aing mah teu nyaho. Tapi aing ge teu nyaho bisa download dimana. Maaf eaaaa qaqaaaa..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...