Selasa, 01 Maret 2016

!st experience: JOB FAIR

Yeayyy ayo post sesuatu yang berguna lagi!!
Kali ini gue mau cerita pengalaman ikut job fair.
Kata orang-orang ikut job fair itu penting banget karena di job fair kita bisa ketemu banyak sekali perusahaan yang membutuhkan orang untuk dipekerjakan. Sedangkan kita, kita orang-orang yang berusaha untuk dipekerjakan sama orang lain. Supaya dapet uang. Supaya bisa makan-makan di cafe atau nyicil-nyicil mobil baru.
Ini job fair pertama gue setelah gue lulus s1 hampir 2 tahun yang lalu. Kenapa gue gak pernah ikutan jobfair? Alasannya simpel, karena gue lagi s2 wkwk.. Tapii tapiii yaaaa, gue emang gak pernah kebayang sih 'kerja'. Maksud gue kerja as usual. Kerja jadi 'buruh' di suatu perusahaan. Bukannya gue gak mau produktif, tapiii tapiii.. Gue selalu bermimpi untuk punya bisnis sendiri, atau jadi dosen. Ya dosen juga digaji sih tapiii tapiii dosen itu sebuah profesi yang menurut gue gak monoton macem buruh di perusahaan. Yah apalah-apalah nanti gue jelasin di post selanjutnya hal-hal yang dikerjakan oleh dosen. (tapi gak janji yah).
***
Sebagai seorang yang newbie dalam hal jobfair-jobfair an, gue agak khawatir sehari sebelum hari H. Kalian yg lagi baca ini juga pasti lagi agak khawatir. Bingung, apa aja yang harus dipersiapkan untuk ke jobfair.
- bawa apa aja?
- pake baju apa?
- ngeprint dokumen berapa rangkap?
atau malah lo bingung:
- jobfair itu apa?
- gimana cara daftarnya?
- bayar gak?
- disana ngapain aja?
Well well well, I am here to help!!
***
Jobfair adalah sebuah tempat dimana bertemunya perusahaan-perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan calon-calon karyawan yang membutuhkan pekerjaan. Bayangkan sebuah pasar, penjualnya adalah perusahaan-perusahaan.
Lo bisa cari-cari dimana ada jobfair dengan cara cari di internet. Please deh hari gini...
Kalo kata temen gue sih usahakan ikut jobfair yg diselenggarakan sama instansi yg bonafid, misalkan univ. Karena katanya kalo univ yg ngadain pasti perusahaan-perusahaannya juga oke punya.
Cara daftarnya ya daftar aja, ikutin instruksi yg ada di info jobfair itu, ada yg bayar, ada juga yg gratis. Ya pokoknya ikutin aja instruksinya. Please deh hari giniiiii.....
Di jobfair intinya adalah lo nyari kerjaan. Jadi yg lo bawa ke jobfair adalah:
1. Surat lamaran (Surat lamaran ini yg general aja, gausah diisi-isi dulu.)
2. CV
3. FC Ijazah dan Transkrip nilai
4. FC KTP
5. Foto berwarna terbaru
6. FC Akta kelahiran (ini opsional aja, karena kemarin pas gue di job fair ada yg minta ini sebagai syaratnya)
Berapa rangkap dokumen yg harus dibawa?
Itu terserah lo. Karena di jobfair banyak perusahaan, dan karena lo sudah sangat desperate mencari pekerjaan, alangkah baiknya bawa tidak kurang dari 10 rangkap.
Oiyah untuk baju, gue saranin sih pake formal. Gak usah pake blazer-blazeran gapapa. Kalau menurut gue sih cukup pakai kemeja sm celana bahan. Kenapaa? Karena disana ada juga perusahaan yg langsung minta wawancara. Gak kece aja kalo lo wawancara pake jeans dan kaos.
***
Ini bagian tulisan gue yg akan menceritakan pengalaman 'werno-werno' gue di jobfair.
1. Pertama gue merasa saltum karena pake kemeja dan rok. Karena banyak banget yg pake jeans macem mau ngampus, tapi..
2. Ada perusahaan yg langsung wawancara. So lebih baik overdressed kan daripada underdress. Gak asik banget kalo ternyata perusahaan itu adalah perusahaan yg lama lo incer, lo jadi jiper gara-gara cuma pake baju casual banget
3. Banyak banget perusahaan yang cuma minta 'drop lamaran' baik offline maupun online. Ini yg paling disenengin sama orang-orang jadi cuma kayak judi deh, masukin lamaran, siapa tau dipanggil. Oiya, sekarang banyak juga yg langsung online, jd jangan lupa bawa flashdisk yg berisi dokumen-dokumen tadi yaa..
4. Beberapa perusahaan bahkan gak sedang open recruitment pada saat itu, tapi tetep aja bikin stand di jobfair. Huft banget gak sih. Kalo gak ada lowongan terus ngapainnn.. Jadi biasanya nanti lo disuruh isi data diri aja, sebagai database mereka. Katanya sih nanti kalo mereka open recruitment, kita bakal dikabari. Gitu. Huft..
5. Di jobfair juga ada beberapa stand beasiswa dalam maupun luar negri yang siap mengacaukan tekad lo untuk cari kerja dan berpikir "mendingan sekola aja deh"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...