Kamis, 25 Januari 2018

Gimana cara Bikin SKCK dan SKBN?

Hello Blog!!
Hari ini gue nulis karena GUE BOLOS KERJA AHAHAHHA..
Well, gak bolos-bolos banget sih. Tapi izin karena lagi ngurus bikin SKCK dan SKBN.
This is my first time bikin SKCK dan SKBN. Dan karena waktu yang dikasih sangat mepet, dan gue belum ngerti persayaratannya, akhirnya gue googling dan tanya-tanya ke orang-orang.
SKCK adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Bikinnya di Kantor Polisi. Berdasarkan informasi yang gue dapet dari temen-temen gue, bahkan Pak Polisi yang biasa nongkrong di kantor bilang SKCK cuma bisa dibikin di Polres dan Polda. Tapi hari ini gue membuktikan bahwa di Polsek juga bisa bikin surat tersebut.
SKBN adalah Surat Keterangan Bebas Narkoba. Berdasarkan narasumber yang sama, surat ini hanya bisa dibikin di Rumah Sakit milik Pemerintah dan di Puskesmas. Tapi hanya Puskesmas tertentu aja yang bisa, tepatnya yang punya laboratorium. Dan ini bener Guys.. Gue awalnya nyoba di klinik lab biasa, katanya mereka bisa ngecek dan ngasih hasil lab untuk senyawa-senyawa itu tapi gak bisa bikin Surat Keterangannya. Padahal surat keterangan ini yang paling penting..
***
Gue adalah tipe orang yang selalu mempersiapkan segala sesuatu dengan rapi, sebelum ngurus dokumen-dokumen terutama di kantor pemerintahan. Ya mungkin karena rumah gue jauh dari mana-mana jadinya kalo ada yang ketinggalan bakal berabe banget.
Kemarin itu gue juga langsung nyicil syarat-syarat yang harus dikumpulkan untuk bikin SKCK dan SKBN. Sorenya pas pulang kerja, gue juga make sure ngedatengin Polsek dan Puskesmas deket rumah gue, siapa tau bisa bikin SKCK dan SKBN. Dan ternyata bisa!! Seneng banget gue.
Tapi ternyata persyaratan bikin SKCK di Polres dan Polsek lumayan beda. Di Polsek lebih gampang lho, cuma butuh Fotokopi KTP 1 lembar, Fotokopi KK 1 lembar, dan Pas Foto ukuran 4x6 3 lembar. Gak perlu bawa foto tampak samping kiri kanan seperti di persyaratan Polres. Oiya biayanya 20 ribu rupiah aja, tapi nanti polisinya bakal bilang ditambah sumbangan seikhlasnya. Oiyaaa bikin SKCK ini harus di Polsek/Porles/Polda sesuai KTP domisili yaa..
Bikin SKBN juga gampang banget, cuma daftar di Puskesmas (bisa puskesmas mana aja) dan tunjukkan KTP. Bayarnya 25 ribu rupiah aja.
ini persyaratan yang tertera di website

ternyata yang harus dibawa cuma ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...