Selasa, 09 Juli 2013

PERJALANAN MENUJU DEWASA #2

yap ini episode yg kedua
ngomong ngomong, selamat berpuasa yaa bagi yg menjalankan.
kalo gue puasanya udah dari kemaren. ngikutin orangtua.
kata pak amin rais di ceramahnya tadi, kita gak boleh membeda bedakan orang hanya karena dia puasa hari selasa atau rabu. dan kata "temen" gue tadi, kita puasanya sama sama 1 romadhon cuma harinya aja beda. spektakuler banget ya..
yg mau gue bahas di episode ke dua ini menurut gue sangat fundamental bagi orang dewasa dan sangat harus dipelajari oleh orang orang menuju dewasa seperti kita kita. PROFESIONALISME.
sebenernya menurut pengamatan gue yg bodoh ini, seseorang bisa dikatakan profesional kalo dia telah memenuhi beberapa kriteria, misalnya:
1. tepat waktu. orang dewasa harus tepat waktu karena pekerjaan orang dewasa banyaaak sekali. dan sekalinya ada kegiatan yg ngaret maka kegiatan yg lainpun bakal ikutan ngaret bahkan sampe gak terlaksana. coba lo bayangin suatu hari nanti lo jadi direktris bank XYZ, di sisi lain lo jg adalah seorang ibu dari anak usia 2 tahun yg masih menyusui. suatu hari lo sebagai direktris harus menghadiri acara pemberian hadiah mobil Z kepada nasabah yg menang undian. ternyata si nasabah adalah anak SMA yg menang karena duit di tabungannya banyak hasil jualan token game online. agenda lo hari itu adalah menghadiri penyerahan hadiah, mentraining baby sitter baru, dan memecat pegawai yg ketahuan suka ngutil di kantor. tapiii si anak SMA itu ternyata ketiduran (kebiasaan telat jaman SMA) akhirnya acara penyerahan hadiah harus mundur sejam, akibatnya lo telat mentraining baby sitter, telat mecat pegawai, sampe sampe gak sempet meres ASI, dan akhirnya payudara lo bengkak sampe besok dan gak ada lg bra yg muat dan akhirnya besok lo gak bisa ngantor. hayo gimana? cuma gara gara kebiasaan telat si anak SMA bisa aja kan bank XYZ itu bangkrut karena direktrisnya gak masuk kerja sehari
2. tau prioritas. orang dewasa harus bisa bikin prioritas karena pastinya banyak banget kerjaan yang harus dilakukan demi mencapai tujuan. misal lo pengen banget nih taun depan nikah tapi sementara ini kerjaan lo masih jadi seles panci dan gajinya gak mungkin cukup buat nikah taun depan. rencana lo adalah lo akan cari muka di depan direktur X, direktur Y, direktur Z supaya paling enggak gaji lo naik, sukur sukur bisa kerja di kantornya dan gak jadi seles lagi. masalahnya kantor masing masing direktur ini tempatnya jauh jauh dan sangat tidak mungkin untuk caper langsung ke tiga tiganya. maka, lo harus bikin prioritas, misalkan diantara ketiga direktur itu yg paling bersahaja adalah direktur X sehingga walaupun sama sama direktur, si direktur X ini disegani oleh direktur Y dan Z, yg harus jadi prioritas carmuk lo adalah si direktur X
3. menepati janji. perasaan dari tadi contohnya klise klise banget ya. kalo cuma masalah tepat waktu, tau prioritas, dan menepati janji mah semua orang juga tau. eits, tapi buat yg satu ini gue yakin banyak orang yg gak sadar. untuk orang-orang yg selalu menepati janji, baguuuuuus. gue yakin lo bakal jadi orang sukses kelak. tapi bagaimana untuk orang-orang yg sukanya ingkar janji? ya masuk neraka dong ah. gue juga kesel banget kok sama orang yg suka ingkar janji. kalo nemu orang kayak gitu pasti langsung gue kutuk semoga gak ada perusahaan/instansi/apapun yg mau nerima dia. bukan apa-apa, gue kasian aja nanti sama orang yg udah terlanjur percara sama orang macem itu, bisa bangkrut perusahaannya. so, buat orang-orang yg suka ingkar janji, gue ngerti kadang maksud lo bukan karena pengen jahat tapi ada hal-hal yg memang membuat lo gak bisa menepati janji, tapi harus lo inget lebih baik bilang yg sejujurnya dari awal. contohnya nih lo udah janji mau ngajarin temen lo pasang kutek motif buah-buahan. temen lo itu minta diajarin hari senin karena dia ada kencan hari sabtunya. tapi karena ternyata lo juga seneng sama cowok itu, lo gak mau ngajarin temen lo make kutek, tapi karena gak enak nolaknya lo malah bilang 'maap cin, gue bisanya sabtu sore' berharap temen lo itu ngebatalin, tapi dengan polosnya temen lo itu mikir 'gapapa deh masangnya sabtu sore, kan kencannya sabtu malem, lagian kutek buatan si X (lo) paling bagus sejagat raya, gue tunggu deh' dan akhirnya lo panik muncul ide jahat lo bakal sms semenit sebelum jam janjian lo bahwa lo gak bisa keluar rumah karena harus nungguin rebusan ketupat buatan emak. wuiih, gue yakin itu dosanya bertubi-tubi dan lo bakal langsung masuk neraka. kenapa sih lo gak mengemukakan alasan yg profesional seperti 'aduh maaf ya cin, gue gak rela lo make kutek motif buah duluan di acara kencan sama si Y (nama cowok iti)' atau alasan yg agak profesional seperti 'aduh maaf ya cin, kutek motif buah ini lagi gue ajuin copy right nya soalnya takut keduluan dipost di pinterest' walaupun sebenernya bahkan lo gak tau gimana cara ngajuin copy right tapi setidaknya bohong lo adalah sekali dan gak membuat orang lain tersiksa dengan menunggu lo selama berhari-hari, dan gak membuat orang lain tersiksa panik karena janji dibatalin di detik-detik terakhir.
pesen gue, jangan sekalipun membuat orang menunggu dan kelabakan hanya karena lo ngerasa kalo lo bilang 'tidak bisa' akan mangurangi profesionalitasmu, justru sikap lo yg banyak alesan itu yg bikin orang lain jadi gak respek sama lo bitch! ahahahahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...