Jumat, 27 September 2013

Pengetahuan Baru: Barang Ringan Makan Tempat

gue akhir akhir ini lagi deket sama jasa pengiriman barang.
jasa pengiriman barang yang pernah gue coba adalah:
1. PO*
2. JN*
3. TIK*
4. HERON*
5. BIS PATAS AC (SUMBERALA*)
dahulu gue merasa sangat bingung apabila hendak mengirimkan barang barang. pertama bingung ongkos kirimnya, kedua bingung mau pake jasa pengiriman barang apa yg terpercaya.
berikut ini adalah pengalaman gue selama memakai jasa pengiriman tersebut:
1. PO*. Ini adalah jasa pengiriman barang yang paling sering gue gunakan. selama ini cukup terpercaya (***). ongkos kirimnya pun terjangkau. lo bisa cek di www.posindonesia.co.id. pengalaman buruk yang pernah terjadi adalah nyasar ke kantor pos yang lumayan jauh. misal gue ngirim ke condongcatur sleman, eh nyampenya ke sleman juga tapi di cangkringan. ahahaha susah ya bayanginya? pokoknya nyasarnya gak begitu jauh tapi jauh, dan tapi itu bukan kesalahan dalam penulisan alamat maupun kode pos, ya nyasar aja abangnya. pengalaman baiknya adalah pernah suatu saat pengiriman dari jakarta ke jogja cuma 2 hari, senang sekali. dan pernah juga ada pengalaman abang pos nya nelpon ke hp karena dia tersesat pas nyari alamat hehehe.. mungkin abang pos nya baru.
2. JN*. sejauh ini setiap ngirim pake JN* gak pernah ada masalah (****). gue cukup sering sih pake jasa ini kalo ada barang2 penting yang harus sampai dalam sehari, karena kita bisa pake jasa YES (yakin esok sampai) dan pasti sampai lho ya, beneran, dijamin. tapi gue jg gak tau itu cuma bisa buat radius berapa. tapi kalian juga jangan sampe salah artian lhoo, YES itu kepanjangan dari yakin esok sampai bukan yakin esuk sampai dlm bahasa jawa. karena selama ini si paket YES itu selalu sampai hari besoknya sebelum sore, jadi bisa agak pagi atau agak siang. temen gue yg orang jawa pernah marah2 di status BBM karena paket YES nya baru sampe siangnya. ongkos kirimnya yaa agak mahal tapi rasional lah yaa, bisa dicek juga di www.jne.co.id
3. TIK*. ini adalah jasa pengiriman yg cukup mengecewakan menurut gue (*). berkali kali ngirim pake ini selalu telat. dan gue mulai gak ngerti dgn cara kerjanya. beberapa kali gue pake jasa ini ya telat tapi tetep dikirim sampe rumah, tapi belakangan ini gue harus ngambil di kantornya karena gak kunjung2 di antar padahal di status web nya seharusnya sudah diterima sama gue beberapa hari yg lalu. pokoknya bikin galau banget deh. ongkirnya juga bisa dicek di www.tiki-online.com, hati hati banyak kota yg gak ada di daftar. yah mau gimana lagi
4. HERON*. jasa ini lumayan lah. tapi bedanya lo harus nganterin barangnya ke kantornya di deket stasiun dan ngejemput jg di kantor dekat stasiun tujuan karena emang mereka basisnya di stasiun pake kereta api (**). bisa juga sih minta anter, tapi yaaa ada tapinya. keuntungannya barang yang lo kirim bisa terjamin hampir 100% nyampe sehari. tapi tergantung jarak keretanya juga sih. ya intinya sesuai dengan jadwalnya kereta. pake jasa pengiriman ini paling cocok utk ngirim barang yg gede2 karena dihitungnya rata-rata cuma 100rb.
5. BUS PATAS AC (SUMBERALA*). sebenernya banyak juga bis2 yg nyambi jadi jasa pengiriman barang. tapi tolong ya dipastikan bis itu beneran serius gak menjalani bisnis nyambinya itu. utk bis yg gue contohin ini pada hakikatnya mereka nyambi tapi kurang jelas (*). waktu gue mencoba utk mengirimkan barang pake jasa ini si agen bilang:
- kalo bisa harus dijaga sama penumpang (dalam kata lain ngirim barang sama ngirim manusianya, gak efektif banget kan)
- kalo gak bisa dijaga sama penumpang, coba nitip sama kenek
- ongkir barang akan dihitung dari besar kiriman dan harga tiket
- barang harus diambil pada saat bisa sampai di terminal, gak boleh telat
pada akhirnya gue nitip sama kenek yg lagi mabok dengan bayaran 1 tiket bus patas AC 150rb ditambah uang terimakasih ke agen 35rb. dan pada akhirnya si kenek mau menyimpankan dulu barangnya di kantor agennya. huft banget deh..
nah, apakah pengetahuan yang baru gue dapet?
ya, tentang barang ringan makan tempat.
citos ini kalo isiny angin doang masuk ke barang ringan makan tempat ya
itu adalah istilah yang dipakai oleh PO* untuk mengklasifikasikan barang ringan yg makan tempat. ahahahaha..
jadi ada kalanya kita mengirimkan sesuatu yg besar tapi ringan, contohnya boneka. boneka yg akan kita kirimkan itu beratnya cuma sekilo tapi ukurannya 50x50x25cm. makan tempat banget kaan. bisa rugi si PO* kalo tetep dihitung sekilo.
boneka itu akan dikategorikan sbg barang ringan makan tempat. utk mengetahui bgmn cara mengitung ongkir boneka tersebut lakukanlah langkah berikut ini:
- kalikan ukuran boneka 50x50x25=62.500
- bagi dengan 6000. 62.500/6000=10,41kg
- kalikan dengan ongkos kirim satu kilo ke tempat tujuan (misal dari jogja ke kota bangun kaltim = Rp32.000) maka ongkir boneka itu adalah 10,41x32.000=Rp333.120
6000 yg dimaksud pada langkah kedua adalah konstanta yg telah ditentukan oleh si PO*
dengan kata lain barang yang berdimensi (cm3) kurang dari 6000 bukan termasuk barang ringan makan tempat dan akan dihitung sesuai kiloannya.
baiklah, selamat tambah pintaaar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...