Senin, 10 Maret 2014

kenapa harus kuliah?

sekarang ini jadi mahasiswa sudah menjadi suatu kewajiban. habis lulus SMA ya kuliah, jadi mahasiswa. sampai sampai sekarang banyaak banget universitas atau sekolah tinggi atau institut supaya semua orang bisa jadi mahasiswa. nama sama logonya mirip mirip. 
sebenarnya kenapa sih kita harus jadi mahasiswa?
- supaya nambah ilmu
- supaya bisa menggapai cita cita
- supaya gak disuruh cari kerja setamat SMA
- supaya gak dikawinin buru buru
kalo mau kuliah harus siap jadi begini..
intinya, dengan kita menjadi mahasiswa atau berkuliah, kita bisa mendapatkan ilmu yang spesifik untuk bekerja dan menggapai cita cita di masa depan. selama ini kan, terutama di SMA, kita mempelajari semua ilmu dan kurang spesifik. sedangkan nanti di dunia kerja kita harus memiliki ilmu yang biasanya harus spesifik. misalkan cita cita kamu menjadi pemilik bengkel mesin mobil maka kamu harus kuliah jurusan teknik mesin supaya tau daleman mobil dan bagaimana cara membetulkan mesin mobil, kalo perlu ambil jurusan yang sangaaat spesifik seperti teknik mesin mobil, tapi ada apa enggak yaa.. kalo kamu pengen supaya bisnis bengkel mesin mobilmu itu berjalan dengan baik, kalo perlu sekalian aja kamu kuliah jurusan manajemen bisnis, atau kalo ada ambil jurusan manajemen bisnis bengkel mesin mobil. naaah cocok kaaan..
banyak juga siih orang yang gak kuliah jurusan manajemen bisnis bengkel mesin mobil tapi punya bengkel mesin mobil dan akhirnya sukses. kamu juga bisa gitu, gak usah kuliah. belajarnya lewat pengalaman sehari hari. tapi bakalan lama kaan.. dan pasti kamu bakal nemuin yang namanya salah ambil keputusan, gagal, bangkrut, dan lain sebagainya. naaah, dengan kamu berkuliah diharapkan hal kegagalan semacam itu tidak terjadi, karena kamu sudah belajar sebelumnya di bangku kuliah.
teruuus, kalo motivasi kuliah mu cuma karena kamu pengen bisa bekerja seperti contoh di atas, ambil aja D3. kuliahnya cuma 3 tahun. langsung bisa kerja. jangan ambil S1. karena kalo ambil S1 kuliahnya lebih lama, yaitu 4 tahun. sebelum kamu lulus juga harus dihadang dengan yang namanya skripsi. skripsi ini menurut sebagian orang sangat tidak relevan bagi orang orang yang hanya menginginkan kuliah untuk mencari  kerja. karena skripsi menuntut orang untuk membaca, berpikir, menemukan sesuatu, membahas sesuatu, dan menulis. skripsi membuat seseorang menjadi seorang (kinda) peneliti. menurut aku gak semua orang bisa jadi peneliti. maka dari itu banyak orang yang terseok-seok saat mengerjakan skripsi. karena dia tidak memiliki jiwa peneliti, tidak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tidak tahan membaca, tidak mau berpikir keras, tidak tertarik menemukan sesuatu, tidak suka membahas sesuatu, dan tidak terbiasa menulis. karena esensi kuliah S1 itu sejatinya bukan hanya supaya kita bisa bekerja nantinya, tetapi juga agar kita memiliki pemikiran layaknya seorang peneliti yang akan berguna bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan pastinya akan berguna juga dalam pekerjaan apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...