Sabtu, 10 Mei 2014

Makan Apa?

nyari makan di jogja gak susah.
range harga makanannya pun bisa disesuaikan dengan kantong. mau makan kenyang dengan modal 5 ribu atau bahkan di bawah 5 ribu masih banyak. dan gak mesti selalu nasi kucing lho. emangnya semua mahasiswa di jogja makannya nasi kucing?
mau makan mahal yg semua menu nya dibandrol harga diatas 100 ribu juga banyak.
tinggal pilih.
**
kemaren pas pulang kampung, temen gue cerita kalo orang-orang kantoran jaman sekarang kantinnya ya setara Solaria. gue gak kebayang makan mahal mereka yg seperti apa ya. well, sebenernya kebayang sih ahahaa.. temen gue juga bilang kalo jaman sekarang di tempat makan mahal tax+service nya sampe 25% dari harga.
gue pikir itu namanya ngerampok
**
tapi gue juga gak tau siih cara kerja tax dan service itu gimana dan seharusnya berapa persen.
one day gue pernah makan di salah satu tempat yang tax+service juga besar. dia jualan dimsum, ramen, dll gitu. lokasinya di mall Cibubur Junction, di tempat yg bentuknya seperti foodcourt tapi di bagian luar ahahaha.. service nya sama sekali tidak memuaskan. padahal menurut pemahaman gue, seharusnya tempat makan yg menerapkan peraturan bahwa kita harus membayar service nya seharusnya memberikan service/pelayanan yg baik pula. pengalaman ini sangat mengganggu gue waktu itu. pertama-tama, saat gue manggil pelayan untuk minta menu, pelayan itu gak dateng dateng. kedua, pas gue akhirnya jalan ke meja menu dan bilang mau pesan saat itu juga, pelayan yg berdiri dekat gue malah bilang 'bukan saya yg nulis menu'. ketiga, waktu gue bilang duduk di luar, pelayan bilang gak bisa nganterin pesenan gue karena kejauhan, akhirnya gue nunggu disitu. keempat, pelayannya lupa ngasih alat makan. kelima, rasanya gak begitu enak. keenam, ternyata orang yg duduk di meja sebelah gue makanannya dianterin, kenapa gue tadi dibilang duduknya kejauhaaaan?! terus klo lo jadi gue ikhlas gak bayar service mahal ke tempat makan itu? service macem apa yg mereka kasih ke gue? bahkan angkringan nasi kucing aja jauuuh lebih bagus service nya daripada mereka. ahahahhaa rasanya pengen banget nyebutin nama restorannya. tapi takut hehehe..
**
gue juga pernah ngalamin kejadian sebaliknya. kalo tadi kan gue tidak diservice dengan baik padahal gue udah bayar service. kejadian yg ini di sebuah tempat makan yg gak memberlakukan tax+service tapi ada pembeli yg minta diservice berlebihan. lokasinya di sebuah tempat makan steak lokal yg cabangnya sudah tersebar dimana-mana. ada ibu-ibu berpakaian pegawai negeri pesen steak tapi request "mas, pilihin yg potongan dagingnya gede, terus sayur sama kuahnya dibanyakin ya". yaaah, lo kira ini warteg?! terus pas mas-masnya itu dateng dan ibu-ibu itu liat keadaan pesenannya "mas, mas, bawa lagi ke belakang yah, ini sayurnya kurang, tambahin lagi sayurnya". walaaah.. yg dimaksud sayur oleh ibu itu adalah sejenis frozen veg yg jadi pelengkap steak itu lhoo. dan di menu si tempat makan steak itu ada menu mix veg, yg artinya kalo ibu itu mau sayur yg banyak ya order aja itu mix veg.
pernah juga gue ngeliat peristiwa di warung sate padang, ada bapak-bapak minta tisu ke mbak-mbak warung sambil teriak-teriak, "MBAK, MBAK, TISUNYA!!". padahal fyi sebagian besar warung di jogja gak menyediakan tisu tapi menyediakan lap gituu di setiap meja. gue juga gak ngerti itu lap untuk ngelap apa, apakah buat ngelap meja, atau tangan, atau mulut, atau piring. tapi belakangan ini udah banyak sih yg menyediakan tisu walaupun seringnya tisu toilet.
nah, gara-gara kejadian-kejadian itu kadang gue suka mikir mungkin sebaiknya setiap tempat makan memasukkan unsur service ke dalam harga makanannya. atau kalo mau exclude juga gapapa. asalkaaan pelayanannya baik dan setara dengan apa yg sudah dibayarkan. kasian kan mas-mas steak yg tangannya banyak bekas luka gara-gara keseriangan kesenggol hot plate tapi masih harus dimarahin sama pelanggan. atau bahkan dia juga bakal dimarahin sm bosnya kalo nambahin sayur ke ibu-ibu itu karena gak sesuai dengan SOP.
**
karena sebagai pelanggan pastinya kita pengen dilayani dengan baik saat membeli.
pernah juga gue mendapat pelayanan yg tidak begitu menyenangkan waktu makan di kafe-kafean. ahahaha.. di jogja emang banyak kafe-kafean. tapi beda dengan kafe yg dulu gue tau. kafe di jogja konotasinya gak negatif, bahkan sering banget dipake untuk ngerjain tugas sama mahasiswa. harganya juga berragam, tergantung kafenya. waktu itu gue lagi mau ngerjain tugas sama 3 temen gue di kafe-kafean deket percetakan kanisius ahahaha.. saat itu gue membutuhkan colokan untuk nge-charge laptop gue. di belakang meja gue ada colokan tapi jaraknya jauh dan kabel charger laptop gue gak nyampe. inget lho, ini charger laptop bukan charger hp, jadi sebenernya kabelnya lumayan panjang tp gak nyampe. kemudian gue minta izin ke salah satu pelayan untuk memundurkan meja gue (gue yg mundurin, gak minta dia yg mundurin mejanya), dia bilang gak boleh karena nanti ganggu jalan. padahal meja gue itu ada di pojokan dan gak ada yg bakalan lewat lagi selain gue dan temen-temen gue. yaudah karena gak boleh, gue minta pinjem rol kabel karena gue liat beberapa meja pakai rol kabel, tapi pelayan itu bilang rol kabel habis. gue mulai bingung, dan gue tanya solusinya bagaimana. terus dia menanyakan ke teman-temannya sesama pelayan. kemudian semua pelayan itu bilang kalau gue harus nunggu rol kabelnya selesai dipakai. atau dalam kata lain, gue harus nunggu salah satu rombongan yg juga lagi pada belajar itu pulang. sampe magrib gituu maksud lo??
jujur gue kecewa banget. tapi mau bagaimana lagi. harga makanan dan minuman di kafe-kafean itu termasuk murah menurut gue, dia pun gak memungut tax+service. pelayannya pun semuanya terlihat lelah sehingga terkesan gak begitu ramah. ahahahahha
**
tetep, menurut gue semua tempat makan harus memberikan pelayanan yg baik untuk pelanggannya. pelayanan yg baik bisa berupa mengantarkan makanan dengan cara yg sopan (gak dilempar, dan membawa alat makan yg lengkap), gak males-malesan saat nerima order (apalagi bilang kalo nerima order itu tugas orang lain, karena dia itu kasir. langsung panggil kek temennya yg seharusnya nerima order, bukannya malah nolak pelanggan), atau senyum sedikit, atau apapun laah gak mesti harus bukain tempat duduk atau masangin serbet kok. apalagi bagi tempat makan yg minta dibayar service nya, awas kalo service nya jelek!!
tapi kita sebagai pembeli juga harus tau diri. masa iya makannya cuma di warung tenda tapi berkali-kali manggil mas-masnya cuma karena sambel, saos, kecap, cuka, lada nya ada di meja sebelah. kan kasian masnya, dia kan juga harus ngelayanin pembeli lain. kecuali lo mau bayar tax+service yg 25% itu. jadi kalo lo makan bakso 10rb jadi 12.500 gituu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...