Sabtu, 02 April 2016

Random thought: School Kingdom

Tulisan ini dibuat karena gue menyadari satu hal yg terjadi dalam kehidupan per-sekolahan-gue.
***
Bahwa ada sebuah tatanan dalam kehidupan ber'masyarakat' murid-murid sekolah. Ini bisa terjadi di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, maupun sekolah menengah atas.
Dan gue menyadari tatanan itulah yg membuat gue saat ini malas utk bertemu secara kolektif dengan temen2 lama gue, baik itu temen SD, SMP, SMA. Maksud gue secara kolektif adalah dalam occation seperti reuni dan pertemuan-pertemuan lainnya.
***
Okay, sekarang gue akan menjelaskan tentang tatanan yg gue maksud.
(Dapat dilihat pada gambar di bawah).
Bagi kalian yg udah pernah nonton The Duff akan sangat mudah utk mencerna penjelasan gue. So, nonton dulu yah.
Ooo The center circle ooO aka 'si geng'
Sadar gak sih lo, bahwa di angkatan lo selalu ada 1 geng (biasanya cewek) yg berkuasa banget di sekolah. Biasanya mereka berkuasa karena mereka populer. Kepopulerannya bisa berasal dari mana aja, bisa karena cantik, atau pinter, atau aktif, atau 'anaknya-siapa'. Dan geng itu seperti layaknya poros di angkatan lo. Mereka selalu ada dalam setiap kepanitiaan, mereka pacaran dgn cowok2 kece, mereka punya perayaan ulangtahun yg paling meriah.
Biasanya mereka punya leader (tersirat atau tersurat) dan mereka punya duff (bisa karena dia the wisest, the funnest, atau the smartest, atau bisa juga the dumbest).
Geng ini bisa jahat, bisa juga baik. Tapi yg paling pasti adalah mereka berkuasa.
☆☆☆ The keeper ☆☆☆
Mereka layaknya body guard yg menjaga geng tadi. Biasanya cowok2. Bisa terdiri dari pacar2 si anggota geng, bisa juga cuma temen2nya yg sukarela aja. Mereka memuja si geng. Dan si geng biasa minta tolong ke mereka atau bahkan memperbudak mereka.
=== The insider ===
Mereka ada di luar inner circle si geng tapi mereka merupakan teman2 dari si geng (atau teman2 salah satu anggota geng). Bentuknya bisa individu maupun geng lainnya. Mereka berteman dan tunduk dengan si geng. Biasanya adalah teman lama anggota geng, teman sekelas anggota geng, atau ya yg caper aja pengen jd bagian dari geng itu. Wkwk..
xxx The jengkol xxx
Istilah ini gue ambil dari istilah yg dipakai pada zaman gue SMP. Jengkol2 ini adalah outsider. Yg terdiri dari geng rival (yg gak pernah bisa nyaingin kekuatan si geng), orang2 invisible, dan juga orang2 yg 'gak pantes' deket2 dgn si geng. Mereka bagaikan rakyat jelata dimana geng rival akan selalu kontra dgn si geng, dan 'rakyat kecil' akan selalu menjadi rakyat kecil yg tunduk dgn si geng dan seneng setengah mati kalo dianggap sm salah satu anggota si geng.
***
Yah begitulah kira2 tatanannya.
Kira2 di dalam tatanan itu kalian berperan sebagai apa?

1 komentar:

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...