Rabu, 24 Agustus 2016

Perpanjang Passport Online

Hari ini gue nganterin mamih perpajang passport oleh karena passportnya habis masa berlaku.
Karena jarak rumah gue ke kantor imigrasi kurang lebih 40km, jadi gue memutuskan utk mencoba cara online. Dengan harapan lebih mudah dan gak buang2 waktu.
Setelah browsing2, akhirnya gue memutuskan utk online.
Pertama, buka web imigrasi.go.id lalu isi form.
Setelah isi form lengkap lalu kita akan dikirimkan email utk pengantar pembayaran.
Kemarin gue bayar di teller BNI. Gak ada biaya admin.
Oiyah passport yg bisa bikin online cuma passport yg 24 halaman dan harganya 355rb.
Setelah itu konfirmasi bahwa kita sudah membayar. Dgn cara buka email lalu klik link yg akan mengantarkan kita ke laman konfirmasi.
Pada saat konfirmasi itu kita akan diminta utk memilih tanggal kapan kita akan ke kantor imigrasi utk foto dan wawancara.
Setelah memilih, lalu kita akan diemail lagi jadwal kita ke kantor imigrasi (tanggal dan jamnya).
Saat datang ke kantor imigrasi, langsung datang ke loket pendaftaran online dan kemudian kita akan diberikan nomor antrian.
Sambil menunggu giliran, kita diminta utk mengisi formulir yg jumlahnya 2 lembar.
Saat nomor kita sudah dipanggil, kita akan dipersilakan utk masuk ke dlm ruangan utk difoto dan diwawancara (mengenai alasan kita membuat passport, mau kemana).
Setelah ituuu, selesai dehh..
Tapi passport gak bisa diambil saat itu juga. Nanti kita akan diberi jadwal pengambilan passportnya. Kurang lebih 3 hari kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...