Kamis, 01 September 2016

Pengetahuan gak penting: PIN KONVEKSI

Ini bermula dari rasa keingintahuan gue yg sangat besar terhadap hal-hal yg gak penting.
Iya beneran deh.
Sejak gue punya smartphone, yg mana kurang lebih 3 tahun yg lalu, gue selalu menjadikan google sebagai sahabat gue. Utk bertanya.
Sebenernya banyak untungnya juga sih sahabatan sm si google ini. Lo bisa tau banyak hal!! Dan kalo lo bener dan pinter nyarinya, lo akan dapet jawaban yg valid. Jadi, lo akan terbebas dari kata2 "kata temenkuuu..." yg terdengar sangat loser gituu.. Dan oiya, temen lo belum tentu selalu bener loh. Tapi kalo lo browsing dan liat di web apalagi official website nya, itu udh pasti informasi yg valid.
Tapi please klo lo tau info2 dari hasil googling, gausah pake jargon "kata mbah google......" THAT IS SO LAME
***
Setelah kemaren gue googling2 hal2 gak jelas seputar posisi sendok garpu yg baik setelah makan dan requirements kerja di organisasi2 PBB, hari ini gue penasaran dgn yg namanya PIN KONVEKSI.
Sebenernya udh sering sih liat orang2 pd promoin bisnis yg namanya pin konveksi. Pertama2 gue kira itu bisnis bikin pin. Iya, di pikiran gue pin biasa gituu, pin partai atau pin acara. Persis pin JKT48 yg suka dipake sm sakayuv. Lalu gue pikir, ngapain juga orang jual pin kyk gituan tapi heboh2 bener jualannya.
Sampe pada suatu hari jualan pin konveksi itu makin heboh promonya. Sampe paid promote ke akun dijjah-yelloww!! Dengan foto duit merah yg berjejer2 dan saldo atm yg ada 10jt, lalu ada tulisan "seminggu saldo atm gendut 10jt". Wah wah wah, beneran nih bisnis bikin pin partai bisa bikin atm gendut? Ahaahhaa..
Lalu gue berpikir lagi, sebenernya pin macam apakah yg dibikin ini? Ndilalah minggu lalu gue abis main ke zara dan liat ada tas keren abiezzz dgn hiasan pin metalik bentuk capung, lalat, dan lain sebagainya. Dan gue pun berpikir, oh mungkin yg dimaksud pin itu gak mesti yg plastik bulet, tapi yg metalik gini juga bisa, dan ini lagi hits banget juga. Oh.
***
Tapi rasa keingintahuan gue semakin memuncak. Gue ingin tau bisnis apakah ituuu.
Lalu gue googling.
Eng ing eng, ternyata yg dimaksud pin konveksi itu adalah PIN (BBM) KONVEKSI. Jadiii, mereka menjual database pin bbm (blackberry messanger) produsen2 sesuatu, contohnya produsen boneka, jilbab, baju, dll dll.
Database itu mereka jual dgn kisaran harga 150-400rb dan rata2 ada 400 pin bbm.
Katanya sih keuntungannya ada 2 klo lo udh beli pin konveksi itu. Yg pertama adl lo tau pin2 produsen, jadii lo bisa beli produk dgn harga pabrik dan klo lo jual lagi keuntungannya bisa lebih banyak dibanding klo lo udh beli dari distributor gitu. Terus yg ke dua, database itu bisa lo jual lagi ke org lain, bahkan bisa lo jadikan bisnis (lo jualan pin ke orang2 yg tidak beruntung lainnya).
***
Menurut gue sih "bisnis" PIN KONVEKSI itu STUPID.
Dari namanya aja udh terdengar stupid dan missleading. Maksudnya jualan opo toh??? Pin partai? Pin jeketi?
Menurut gue lagi, "bisnis" PIN KONVEKSI itu untuk STUPID PEOPLE.
Dipikir logis aja yaa, kenapa yg dijadikan database harus pin bbm? Kenapa gak nomor telpon? Kenapa gak alamat konveksinya? Atau email? Atau mobile phone dehh.. yg udh terhubung sm whatsapp. Kenapa??
Karena (menurut gue loh yaa) org2 stupid di indonesia taunya cuma bbm doang. Iya, banyak loh org2 yg punya smartphone tapi isinya cuma bbm sm facebook. Mereka gak ngerti browser itu apa, email itu gimana cara pakenya. See, stupid people emang sasaran bisnis tipu2 ini.
Menurut gue lagi, "bisnis" PIN KONVEKSI itu adalah PENIPUAN.
Kalo gak percaya coba aja beli. Pasti dari semua pin yg ada di database itu gak semuanya milik produsen/konveksi. Pasti banyak banget pin bodongnya. Dan kalo lo protes ke org yg jual, dia akan alasan macem2. Atau bahkan di awal si penjual akan bilang "saya gak nipu ya, saya udh jualan ini dari lama dan pelanggan banyak yg udh jd olshop suskses, tapi ya ituuu... namanya juga pin bbm... ada kalanya si konveksi udh ganti pin, atau si konveksi itu udh penuh reseller, atau ini atau itu..." gitu.

Update!
Tulisan ini gue update tgl 31 oktober 2016 setelah gue bimbingan tesis. Haha..
Ternyata pin konveksi punya temen lain yg gak kalah begonya, namanya line proyeksi.
Intinya sama aja. Jualan id line.
Kenapa namanya aneh2 gitu? Konveksi-Proyeksi.
Ya supaya terdengar hebat dan bisa buat bego2in orang bego.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...