Minggu, 11 September 2016

BRIDESMAID

Dua hal yg gue sadari tentang pernikahan masa kini adalah: ketidakberadaan pager ayu, dan keberadaan bridesmaid.
Pengetahuan gue tentang pernikahan memang sangat minim sekali. Tapi,
Mari kita bahas satu per satu.
Pager ayu, atau yang biasa disebut juga dengan dayang-dayang, sepengetahuan gue adalah 2 anak gadis yg dipajang di kiri kanan kursi pengantin, memegang kipas, yg fungsinya adl utk mengipasi kedua mempelai. Dulu biasanya anak kecil yg jadi pager ayu ini.
Gue pribadi punya cerita ttg pager ayu. Dulu sebagai anak kecil yg lumayan cantik, gue ngerasa diri gue cantik. Tapi ironisnya gue gak pernah jadi pager ayu. Gue selalu berpikir kenapa gue gak pernah jadi pager ayu padahal gue ayu? Bahkan tetangga samping rumah gue yg kutuan aja pernah jadi pager ayu di nikahan kakaknya. Dulu gue gak tau kalo pager ayu itu dipilih karena keterkaitan darah bukan karena pemilihan macem miss universe.
Dan percaya atau engga, gue udah gak pernah liat lagi pager ayu di nikahan2 orang, sekarang digantikan dgn yg namanya bridesmaid.
Mungkin sebenarnya tradisi bridesmaid masuk ke indonesia ini sudah lama. Tapi gue baru sadar belakangan ini, setelah temen2 gue satu persatu nikah. Tepatnya waktu salah satu dari temen gue yg udh bukan temen gue lagi menikah. Dia janji mau ngasih seragam katanya bridesmaid ke gue, tapi setelah dia tau gue udh gak pacaran sama mantan gue, dia memutuskan utk ngasih seragamnya ke selingkuhan mantan gue. Bravo!! Dan menurut gue mereka adl bridesmaids paling fake di muka bumi ini. Kyknya mereka ada belasan orang, padahal dari geng yg berbeda dan gak terlalu sepermainan, tiba2 bersatu berikrar utk saling jd bridesmaid masing2. Lalu setelah itu gerombolan mereka seperti berlomba2 utk cepet2an menikah. Ahahaha..
Sekarang bridesmaid ini makin populer. Setiap org yg nikah pasti punya bridesmaid. Pasti bagi2 kain. Tapi gue gak ngerti deh mereka ngerti gak apa hakekatnya seorang bridesmaid itu.
Iya, di tulisan ini gue emang mau berbagi cerita sekaligus pamer bahwa gue adl bridesmaid yg sesungguhnya wkwk..
Well, I don't know about you guys, but I am proud to be a real bridesmaid. Who helped the bride.
Sejauh ini gue udah 5 kali diminta jadi bridesmaid, dikasih seragam.
Yg pertama waktu nikahan anaknya ibu kos. Gue dan anaknya ibu kos emang deket. Dia minta gue utk bagi2in souvenir. Bagiin souvenir juga susah lho guys! Apalagi kalo budget nikahannya mepet dan souvenirnya ngepas. Lo harus memutuskan ngasih/gak ke tetangga besan yg udh jauh2 nyewa bus ke tempat resepsi. That's pressure bro!!
Yg kedua waktu nikahan temen gue di bantul. Sebenernya gue gak bgtu deket sm temen gue ini. Cuma temen sekelas. Tapi gue feeling honored bgt waktu dia minta tolong gue bantuin nikahan dia sambil ngasih seragam. Kita, para bridesmaid dateng sorenya sebelum besoknya dia nikah. Malemnya ada acara midodareni dan pengajian. Oleh karena bridesmaid yg muslimah cuma gue dan temen gue 1 lagi, akhirnya kita lah yg ikut pengajian berdua, pdhal bridesmaidnya masih ada 4 orang lagi. Ternyata pas pengajian itu kita duduk di samping calon mempelai wanita. Duduk yg kakinya ditekuk ke belakang macem putri kraton. Dipajang di depan. Berhadapan dgn kita ada ibuk2 bapak2 yg santai duduk di kursi chitose. Kakikuuuuu...
Habis pengajian kita masih harus ngurusin seserahan dan nyopot2in aksesoris si calon pengantin sampe si calon pengantin bisa bobok.
Besoknya kita bantuin perias pengantin dandanin si pengantin. Lalu pegangin tangan si pengantin pas ijab (fyi ijabnya pisah). Lalu kita masih harus ngehub temen2 yg mau dateng dan masih di jalan, ngasih ancer2.
Super rempong. Tapi seneng!! Begitulah bridesmaid harus bersedia dirempongin.
Yg ketiga waktu dosen gue nikahan. Dosen gue itu umurnya 10 taun lebih tua dr gue. Nikah di perancis sm orang perancis. Disini cuma resepsinya aja, ngundang kolega. Gue dan 2 temen gue lainnya diminta tolong utk jadi among tamu kolega2 beliau yg mana adl dosen gue. Seneng banget! Dikasih seragam pula!
Yg ke empat waktu tetangga gue nikah. Si mbak2 tetangga gue ini emang bisa dibilang deket bgt sm gue. Pas gue kuliah disini ndilalah dia jg pindah rumah kesini. Agak jauh sih 1 jam klo ke rumahnya dr kosan gue.
Gue dateng dari sore juga sebelum besoknya dia nikah. Pas malemnya gue briefing sm WO nya, nyari2in bingkai yg ternyata gak ada dan akhirnya gue harus bikin prakarya pake kardus karena sayang klo foto prewednya gak dipajang karena sudah susah2 foto prewed kmaren2 dan fotonya pun gue yg cetakin, lalu masih bantukan bungkus2 balasan seserahan utk keluarga besan.
Besoknya pagi2 sebelum akad gue bolak balik bawain konsumsi utk keluarga besan pun. Ndilalah jembatan antara rumah dgn joglo tempat resepsi itu rubuh jadinya gue harus muter jauuuh..
Habis akad pun ada kejadian lucu lagi, si mempelai wanita cipirit!! Akhirnya gue  pegangin gaun si pengantin dan dia eek. Menci. Akhirnya gue cari warung terdekat utk beli diapet. Gue yg ber stileto 7cm pun harus lepas sepatu dan jalan di aspal yg panas wkwkwkwk.. Kalo diinget2 ini absurd parah!! Gue yg harusnya cuma jagain buku tamu dan bagiin suvenir tiba2 harus ngurusin per eek an wkwk.
But I was her maid, wasn't I?
Yg kelima adl waktu sahabat kuliah gue nikah. Dia nikah sm pacarnya dari jaman kuliah. Nikahnya di jkt. Ofcourse gue ke jkt. Dia ngasih seragam gak minta bantu apa2. Mungkin ini yg biasa cewek2 modern lakukan, bagi2 seragam bridesmaid tapi gak mengamalkan asas maid dalam bridesmaid. Seneng sih, but I need to do something to help. Dan yeay setelah ditanya2 ternyata dia butuh bantuan bungkusin balesan seserahan utk calon suaminya. Jadilah kita berempat ke pasar utk cari bahan2nya dan ngedekor kotak2 itu. Seru!!
Yup, so far gue udah 5x jadi bridesmaid dan pastinya besok2 bakal ada lagi undangan utk jd bridesmaid. And I am totally okay to be her maid in her special day :))))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...