Sabtu, 30 Juni 2018

Penerimaan CPNS katanya Juli 2018. Inilah pengalaman saya daftar CPNS tahun 2014 dan 2017.


Penerimaan CPNS sebentar lagi!! Katanya sih bulan Juli 2018 ini.
Entah mulai kapan, PNS jadi cita-cita banyak orang. Dan entah mulai kapan, untuk bisa jadi PNS itu susah banget.

Ingatan terlama gue tentang tes PNS-an adalah ribuan orang ngantri ambil formulir sampe ada yang pingsan terinjak-injak. Gue juga inget tetangga gue bilang gak mungkin bisa jadi PNS kalo gak nyogok atau pake ‘orang dalem’. Itu kayaknya ingetan jaman gue SD deh.

Lalu di tahun 2014 gue merasakan sendiri ikut tes CPNS!! Itu tes CPNS pertama yang pake komputer dan ada TKD (Tes Kompetensi Dasar) dan TKB nya (Tes Kompetensi Bidang) nya.
Tahun 2014 gue ikut tes CPNS di Kementerian Perindustrian, ambil formasi untuk di pusat. Ini pengalaman yang cukup berkesan buat gue. Waktu itu gue baru lulus S1, masih kuliah S2.

CPNS-an tahun 2014, masing-masing institusi punya kebijakan sendiri-sendiri. Nah, ini yang gue alami di Kemenperin:
-        >> Daftar Online. Tanggal 29 Agustus – 18 September 2014 di portal Panselnas (panselnas.menpan.go.id). Yang melamar ada 7.045 orang.
-        >> Daftar Ulang. Di website rekrutmen.kemenperin.go.id. Berdasarkan hasil seleksi dari pendaftaran sebelumnya yang berhak daftar ulang dan mengikuti ujian online ada 2.542 orang.
-        >> Tes Potensi Khusus / Ujian Online. Terdiri dari tes kemampuan verbal dan logika. Tes ini dilakukan oleh masing-masing pelamar di rumah masing-masing. Kemenperin hanya memberikan jadwal untuk online dan kita harus login di jam tersebut. Gue jam 8 pagi.
-        >> Tes Kompetensi Dasar (TKD). Tes ini pakai sistem CAT (Computer Assisted Test) yang terdiri dari wawasan kebangsaan, Pancasila, matematika, dan tipikal tes TKD lainnya. Selanjutnya ada psikotest juga.
-        >> Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKB di Kemenperin ini wawancara dan FGD (Focus Group Discussion), dan bagi yang melamar sebagai pengajar harus micro teaching juga.
Dan yeaahh, gue berhasil lolos di tes-tes tersebut kecuali tes terakhir ahahhaha…

Oiya, waktu itu tes CPNS Kemenperin juga bisa milih lokasi di beberapa kota besar, karena Kemenperin punya beberapa balai/balai besar yang tersebar di beberapa kota. Jadi gue milih tes di Jogja berhubung saat itu gue masih stay di Jogja.

***

Tahun 2017 kemarin juga gue ikut tes CPNS. Entah kenapa CPNS-an tahun itu sangat membingungkan menurut gue. Rasanya kayak banyak banget yang mau daftar. Kata web liputan6 sih ada skitar 1,29 juta orang yang mendaftar!! Yah selain karena emang gue baru lulus, dan pastinya anak-anak angkatan gue banyak yang pengen daftar.
Pendaftarannya pun membingungkan (menurut gue).
Dan inilah kasus gue mencoba mendaftar CPNS tahun 2017:
Gue daftar CPNS di LIPI. Yang harus gue lakukan untuk daftar adalah:
-        >> Daftar di web panselnas. Isi formulirnya. Disini lo harus memilih instansi apa yang mau lo masukin dan formasi apa yang mau lo lamar.
-        >> Daftar di web lipi. Isi formulirnya. Disini lo harus isi sesuai dengan informasi yang udah lo tulis di web panselnas. Pokoknya semua udah otomatis gtu. Kalo lo udah milih formasi A di panselnas nanti pilihannya Cuma ada yang berkaitan dengan formasi A itu aja. Selain itu juga ada verifikasi dokumen kita. Jadi alangkah baiknya kalo daftarnya gak mepet-mepet waktu tutup pendafataran.

Kesalahan gue adalah… Pertama, gue daftar mepet-mepet waktu penutupan. Kedua, formasi yang gue pilih ternyata gak bisa dimasukin oleh Prodi (Program Studi) gue. Ngerti gak?
Misal nihh, lo milih formasi Analis Ekonomi, kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah Ekonomi/Akuntansi, nah lo itu anak Fakultas Ekonomi dan Prodi lo Ilmu Ekonomi. Lo berasumsi bahwa lo bisa daftar di formasi itu karena fakultas dan prodi lo ekonomi, tapi ternyata waktu daftar online Cuma prodi akuntansi aja yang kebuka. Wow banget kaan!! Dan ini kejadian di banyak orang juga! (oke mungkin gak sebanyak itu, tapi gue tau beberapa orang yang mengalami hal yang sama kayak gue).

Nah, waktu itu gue langsung menghubungi call center nya CPNS LIPI. Semua gue hubungi, mulai dari call center, website, twitter, instagram, pokoknya semuanyaa.. Karena besok udah hari penutupan pendaftaran. Yang bikin gue jadi agak sedih karena semua adminnya menjawab default aja: mohon maaf tidak bisa. Jadi gak ada solusi. Padahal maksud gue, kalo gue gak bisa daftar di LIPI, apakah bisa aplikasi gue dipindah ke instansi lain. Gtu.
Tapi akhirnya gak bisa.

Yah, gue akui itu sebagian besar salah gue sih. Harusnya gue lebih teliti. Hehehe..
Oiyah, masalah pendaftaran bukan hanya kasus gue aja lhoo.. Maksud gue permasalahan yang berhubungan dengan per-prodi-an yang di kualifikasinya.

Di instansi lain dengan cara pendaftaran yang berbeda dengan LIPI, mungkin ada yang gak seotomatis LIPI dalam isian formulirnya. Dan beberapa temen gue lolos sampe ke tahap ikutan TKB padahal prodinya gak exactly seperti yang ada di kualifikasi. Misal, temen gue prodi ilmu ekonomi tapi kualifikasi yang diminta ilmu ekonomi syariah, atau temen gue prodi regional planning padahal kualifikasi yang diminta city planning. Pada akhirnya mereka semua tereliminasi di verifikasi berkas. Huft..

Begitulah serba serbi pengalaman gue dua kali mencoba daftar CPNS.
Emang susah ahahahhaa..

Tapi kalian jangan sedih yaa.. Kalo mau kerja di instansi pemerintahan bisa kok sebagai PPNPN (Pegawai Pemerintah Non ASN/PNS). Apa sih ituu? Akan gue ceritakan di cerita gue selanjutnya yaaaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...