Jumat, 07 Oktober 2016

Pengetahuan: Cousin

Ini gara-gara sebulan belakangan gue keracunan banget sama series Downton Abbey.
Downton Abbey adalah British TV series tentang kehidupan Lord dan Lady di tahun 1920an di Downton Abbey. Genre nya drama.
Pada suatu hari gue menyadari kalo orang2 di serial itu sering banget manggil seseorang dengan panggilan 'cousin'.
Contohnya gini: lead role dalam serial itu adalah Lady Mary Crawley. Mary adl anaknya Lord and Lady Grantham. Lord Grantham punya ibu yg namanya Violet. Suatu hari datang Lady Rose yg mana adalah sepupunya Mary. Bapaknya Rose (gue lupa namanya) manggil Violet dgn panggilan 'aunt' (tante), tapi di scene yg sama Rose manggil Violet dgn 'cousin' yg mana kalo di-bahasa-Indonesia-in jadi 'sepupu'. Aneh kan? Kalo di Indo pasti Rose manggil Violet 'nenek'.
Okey, ini terlihat aneh karena kita terbiasa dgn custom yg berlaku di Indo. Tantenya Bapak ya dipanggilnya nenek. Ini berlaku utk semua orang yg ada di silsilah trah kita. Bahkan kalo tantenya bapak kita itu seumuran bapak kita karena dia anak terakhir dari adik bungsunya nenek kita, tetep kita harus paggil nenek. Ahhahaa bingung kan.
Dalam lingkup pohon keluarga yg lebih besar jangan bingung kalo suatu hari lo menemukan kasus bahwa lo harus memanggil sodara lo yg baru lahir dgn sebutan tante. Atau bahkan nenek. Karena emang begitu di Indonesia.
Kalo di masyarakat aristokrat Inggris beda lagi aturannya.
Panggilan aunt, uncle, niece, nephew, grandma, grandpa itu cuma boleh digunakan utk keluarga dekat saja (dalam 1 pohon keluarga). Sisanya, lo sebut cousin.
Utk mengidentifikasi kedekatan hubungan keluarga, maka digunakan istilah 1st cousin, 2nd cousin, ect; once removed, twice removed, ect.
Angka 1st, 2nd, 3rd, ect menunjukkan jarak pohon keluarga. Ini agak susah utk dijelasin. Dimulai dari pengertian yg sudah lazim ttg cousin, lo dan anak om lo adalah cousin, dalam hal ini disebut 1st cousin, karena lo punya nenek yg sama.
Tapi kalo lo punya sepupu yg neneknya beda sama nenek lo, atau biasanya neneknya adalah adek/kakak nenek lo,berarti lo 1 buyut, di adalah 2nd cousin lo.
Sedangkan once, twice, trice ect menunjukkan generasi.
Utk kasus 2nd cousin di atas, ibunya sepupu lo itu adalah 2nd cousin onced removed lo, karena kalian beda 1 generasi. Dan neneknya 2nd cousin lo adalah 2nd cousin twice removed lo.
Nah, ini juga berlaku dalam kasus Rose dan Violet yg gue jelaskan di awal banget. Rose dan Mary punya buyut yg sama. Violet nenek Mary. Nenek Rose adl adik Violet. Jadii, Violet adalah 2nd cousin twice removed nya Rose. Dan bener aja kalo Rose manggil Violet dgn sebutan cousin.
Begitu teman-teman..
Saya harap kalian tidaklah bingung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...