Senin, 17 Desember 2012

do not judge people

dulu kita lahir dalam keadaan suci.
kemudian kita pun diajarkan semua hal yg baik oleh orangtua kita.
tapi memang dasarnya otak kita yg gak mau kenal dengan kata 'tidak dan jangan' akhirnya kita jadi seperti sekarang ini.
contohnya: gue adalah penggemar berat kerupuk. setiap makan harus pake kerupuk. kenapa gue bisa begitu? karena dulu nyokap gue bilang 'jangan makan kerupuk ya, itu bikin batuk' alhasil gue penasaran sama kerupuk, trus diem-diem beli di warung, akhirnya ketagihan deh sampe sekarang
gue jadi berpikir mungkin sebaiknya kalo nanti udah punya anak dan pengen anak kita gak melakukan sesuatu yg kita mau jangan pernah pake kata 'tidak dan jangan'. cukup bilang aja: makan kerupuk bisa bikin kamu batuk bertahun-tahun. nah beres kan.
gue pribadi punya banyak pahlawan di dalam kepala gue selain orangtua gue dan orang-orang yg seharusnya jadi pahlawan gue lainnya.
salah satunya, gue dulu punya temen SMP yg bener-bener bisa bikin gue sholat 5 waktu. bukannya nyokap gue gak pernah ngajarin untuk sholat 5 waktu, tapi ya baru ngena aja nasehatnya setelah gue ketemu sm temen SMP gue itu.
di jaman sekarangpun, saat gue udh kuliah, gue jg punya temen macem itu yg bisa bikin hidup gue berubah ke arah yg lebih baik. sebut saja R adalah hal buruk dan G adalah hal baik. dulu gue R, terus gue ketemu sama temen gue yg suka berbuat G, lama-lama gue ikutan jadi suka G dan gak pernah R lagi. gak bingung kan?
tapi belakangan gue liat temen gue yg udah terlanjur jadi pahlawan di hidup gue yg aneh ini malah berubah jadi kayak gue dulu, melakukan R yg buruk itu.
bertahun-tahun gue memutuskan untuk gak komunikasi sama dia. gue kecewa lah kenapa dia malah jadi begitu.
tapi saat tadi gue gak sengaja papasan dengan dia, gue merasa gak ada hak untuk merasa kecewa. mungkin lebih bijak kalo gue merasa sedih dengan keadaan dia yg seperti sekarang. mungkin ini malah salah gue yg gak pernah jadi orang yg mampu menginspirasi dia seperti dia yg telah berhasil menginspirasi gue.
gue bener-bener merasa gak punya hak untuk menjudge orang lain dan memutuskan sendiri apa yg harus gue lakukan terhadap orang itu. semua orang gak boleh begitu. seperti halnya gue merasa gak berhak buat menjudge wanita yg gak berjilbab sebagai orang yg gak bener dan memutuskan buat gak deket-deket sama dia sambil terus meneriaki dia dengan sebutan itu. ada kemungkinan dia belum mau berjilbab karena dia belum tahu atau bahkan dia sama sekali gak terinspirasi dengan wanita berjilbab karena melihat kelakuan minus gue dan wanita-wanita berjilbab lainnya.
introspeksi diri itu penting.
buka mata lebar-lebar di depan cermin sambil bertanya "sudah pantaskah saya untuk menghakimi orang lain?"
gak akan pernah pantas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my life is hard

entah sejak kapan, gue gak tau, hidup gue jadi susah. mungkin sejak gue memutuskan untuk daftar aksel? atau sejak gue lulus kuliah? atau ...